Mengenai Saya

Foto saya
Blog ini dibuat sebagai sarana pengetahuan dan saling belajar bersama untuk kebaikan serta kemajuan kita bersama.

Jumat, 10 November 2017

CARA WARGA MENSYUKURI NIKMAT

KEGIATAN WARGA UNTUK MENSYUKURI NIKMAT

Menghirup udara segar di perumahan Graha Bumi Ayu adalah salah satu nikmat yang diberikan ALLAH kepada manusia, nikmat sehat, iman dan Islam. Sebagai bentuk syukur warga adalah menikmati hidup dengan mencari ilmu untuk mempertebal iman, hal ini yang dilakukan ibu-ibu warga perumahan Graha Bumi Ayu Dawuhan Situbondo. Setiap minggu ibu-ibu belajar mengaji, terjemahan Al Qur'an. Meluangkan waktu sejenak untuk belajar adalah hal yang sulit bagi mereka, apalagi kegiatan ini dilaksanakan pada setiap hari minggu sore yang merupakan hari keluarga. Karena ingin mengetahui ilmu mereka harus membagi waktu agar semua bisa dilaksanakan. Tidak ada kata terlambat untuk mencari ilmu (harta yang paling berharga untuk diwariskan ke anak-anak kita adalah ilmu ). Kegiatan ini didukung oleh pengurus RT.06 RW. IV lingk. Parse Dawuhan serta ketua PKK RT dengan memberikan fasilitas tempat untuk belajar di mushollah Riyadus Sholihin. Belajar mengaji dan terjemahan Al Qur'an sangat penting sekali untuk hidup bermasyarakat. Karena didalam ajaran Islam, Al Qur'an adalah tuntunan hidup yang didalamnya banyak sekali cara bersosialisasi dengan masyarakat ( Warga dikatakan baik adalah warga yang saling menghargai, menghormati, menjaga silaturahmi, bahu membahu dan bergotong royong untuk memajukan lingkungannya ).


Ibu- ibu sangat antusias sekali untuk belajar ngaji dan terjemahan Al Qur'an. Selain kegiatan untuk belajar, ini merupakan salah satu silaturahim antar ibu- ibu walaupun pada setiap bulannya ada kegiatan arisan/ pertemuan Dawis. Berkumpul untuk berbagi ilmu dan informasi merupakan hal yang penting dalam kegiatan tersebut.







Tidak hanya ibu-ibu warga Graha Bumi Ayu yang ingin meningkatkan keimanannya. Anak - anak Graha Bumi Ayu juga harus mengikuti kegiatan yang baik untuk bersosialisasi dengan teman-temannya. Pengurus RT berupaya bagaimana generasi kedepan adalah generasi yang siap dan bisa menjadi pengayom masyarakat, pemimpin bagi masyarakat. Setiap menjelang Maghrib, mendengar suara adzan mereka bersama-sama pergi ke mushollah untuk beribadah dan berkomunikasi dengan teman-temannya.



Mereka dilatih untuk menyuarakan adzan sebagai tanda panggilan untuk beribadah. Mereka harus siap menjadi penerus ayah dan bundanya sebagai pemimpin yang bisa menggerakkan masyarakat untuk berbuat kebajikan.



Setelah adzan, adik-adik mereka dibimbing untuk shalawatan, membacakan surat-surat pendek yang bisa mereka suarakan melalui pengeras suara.  Ini adalah cara untuk menarik perhatian mereka untuk berani tampil, ingin bersuara yang bisa didengar oleh teman, sahabat dan orang tuanya.





Secara bergantian mereka bersalawatan menunggu sholat maghrib berjamaah. Kegiatan ini merupakan pembelajaran bagi mereka untuk  berbudaya antri menunggu giliran untuk bersalawat, berani tampil untuk menunjukkan kemampuannya membacakan salawat. Yang paling menarik dari pengamatan kami waktu menjelang maghrib, mereka yang sibuk bermain ketika melihat pak RT semuanya pulang kerumah masing-masing untuk mengambil rukuh, sajadah untuk ke mushollah. Terima kasih pak RT yang telah membukakan pintu mushollah untuk anak-anak kami agar bisa bersalawatan. Kami bangga dengan anak-anak Graha Bumi Ayu yang tidak mau kalah dengan kegiatan bunda-bundanya untuk belajar mengaji dan terjemahan Al Qur'an. Semoga informasi kegiatan ini menjadi inspirasi bagi warga dan masyarakat yang membaca blogger kami, informasi ini juga sebagai laporan kegiatan warga Graha Bumi Ayu Dawuhan Situbondo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar